.

Thursday, February 8, 2007

running STATA under wine

Sekedar sharing saja, Kemarin saya nge-run program untuk membuat report dari data stata, datanya lumayan banyak. sehingga saya harus jalankan ini di komputer windows kawan saya (karena saya pikir di wine saya pasti lebih lama waktunya), saya run programnya dari kemarin sore sampai besok paginya sampai saya masuk kantor sekitar jam sepuluhan, programnya masih belum selesai juga. Akhirnya saya pending dulu, karena memang terlalu lama, dan komputer sudah mau dipakai lagi.

Kemudian sore ini saya coba lagi, tapi sy coba di VMware saya dengan memori host 256, ternyata kecepatannya lebih baik dari windows kawan saya tadi. tapi running menurun lagi setelah 30 menit berjalan, akhirnya saya pending lagi.

Akhirnya barusan jam 17 sambil ngobrol sama estewen, sy run lagi, tapi kali ini di stata yg biasa saya pakai di linux menggunakan wine, saya perhatikan kecepatan awalnya memang tidak secepat windows pertama kali running program itu, tapi kali ini lebih stabil...dan data ACEH bisa terlewat hanya dalam waktu 30 menit padahal di windows bisa lebih dari itu.....jam 18...selesai....wah...gile...kenapa gak dari kemaren yakkk...hehehe.

Sebelumnya program ini di run di 1 PC dengan memory 380M dan 1 Laptop 512M dengan OS windows, dan program running fast hanya awalnya saja, setelah beberapa saat kembali slowing down. Dari sekilas pengamatan saya, sepertinya manajemen memory dan temporary files di linux lebih baik ketimbang di windows..tapi entahlah mungkin rekan-rekan ada yg bisa menerangkan ini? Sy juga pamerkan kepada kawan2 disini kalau OS saya performanya tetap stabil walau sudah beberapa tahun, padahal windows kawan-kawan disini sebaliknya...makin lama makin buruk...katanya rasa-rasanya pingin install ulang terus... ;)

No comments:

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...