.

Thursday, May 22, 2008

Distro dan software Linux yang sering saya pakai serta distro linux yang saya gak suka

Berikut adalah Distro linux yang sering saya gunakan:

  1. KANOTIX (DEBIAN based), saya pasang sebagai samba server di kantor, pakai webmin as interface, biar gak pake repot.
  2. KNOPPIX (bapaknya KANOTIX, anaknya DEBIAN), ini distro yummy banget...


  3. IPCOP , saya pasang sebagai firewall dan proxy server di kantor.
  4. PCLINUXOS (anaknya MANDRIVA), di komputer saya dual boot dengan XP HOME orig saya. Control panelnya mantep (pake punya MANDRIVA)
  5. MEPIS, Akhirnya doi balik lagi ke DEBIAN yang sebelumnya sempet maen-maen ke UBUNTU....seep deh..


  6. Damnsmalllinux, saya pakai buat recovery dll
  7. Gparted, buat partisi, cloning, recovery dll, (beberapa waktu lalu download parted-magic, tp lom dicoba).
  8. INSERT, buat recovery juga
  9. EBOX-PLATFORM, sedang menjajaki, lom experiment lagi, tapi kayaknya ini distro lumayan menjanjiken... 

Kalau softwarenya yang paling sering saya pakai adalah:

  1. FIREFOX, pasti lah dimanapun pasti tak pake nih..termasuk buat nulis blog ini.


  2. WINE, Buat jalanin applikasi win di linux, maklum project saya banyaknya pake JENDELA...
  3. XHarbour, applikasi xbase cross platform, clipper gitu lohhh....(kata temen saya ini software jaman uhud...hehe).
  4. MINIGUI, GUI-nya xharbour, tapi hanya jalan di windows.
  5. HWGUI, sama juga ini GUI-nya xharbour, buat windows dan linux, tapi yg linux masih beta...om berani pake..
  6. T-GTK, GUI-nya xharbour juga, yang ini bener2 cross platform...mantap, tapi manualnya bahasa spanyolan...dan forumnya juga bahasa ngebanyol...jadi kudu gandengan ama google language tools...hehehe...
  7. TOTAL COMMANDER, my favorite software, di windows saya paling sering pakai, di linux juga saya pakai buat bantuin manage file via WINE, kalo native linuxnya saya pakai KRUSADER ....
  8. THE GIMP, buat edit photo dan image lainnya...saya gunakan di windows dan linux.


  9. IMAGE MAGICK, buat transform image jadi kecil , saya males kalo satu2 soale...jadi saya pakai batch file biar transform sendiri (gak usah ajak-ajak saya...cape deh.)....
  10. VLC, buat nonton pelm, di windows dan di linux.
  11. PHP, buat website dinamis dan gantiin windows batch files, supaya nanti di linux juga bisa di pake...
  12. ...hmm..apa lagi yakk...ntar deh di sambung..

Kalau distro linux yang saya gak suka itu UBUNTU, hehehe maaf yakkk ubuntu-ers....tadinya saya pikir cuma saya sendiri yang gak suka UBUNTU, ternyata lumayan banyak di distrowatch dibahas juga nih http://distrowatch.com/weekly.php?issue=20080519#feature jangan lupa liat koment-komentnya juga....kalau formatnya UBUNTU mirip knoppix, sidux, dan anak-anaknya debian yg lain mungkin saya akan pakai juga...masalahe dia malah bikin paket-paket sendiri...yang udah pasti infrastrukturnya juga akan berbeda...wahh...malah bikin pemisahan fans debian...dari sejak awal kemunculannya saya sudah ndak seneng kok...hehehe <iipsmiley>

awas ada jaka sembung bawa maenan.......ntar deh disambung soale lagi banyak gawean..<iipsmiley>





15 comments:

suryo Saputro said...

kok redhat-fedora gak disebutin?
hahaha...
iip debian mania...

t4mp4h mbois said...

huahaha... saya biar gak suka tetep pake. Itu distro sejuta umat soalnya.
Jajaran distro yang dipake : Debian tulen, bukan turunan apalagi tanjakan buat server database. Redhat Enterprise Linux buat server imel. Smoothwall dan IPCOP buat firewall dan proxy muannntap tenan. Gentoo sama Slack buat mainan di desktop, meski kadang si Mandra sama Kadal ijo juga ikut nimbrung. Laptop masih nyaman pake turunan Ubuntu.
Eh,... solaris sama bsd ndak boleh disebut ya... yo wes. itu doang.

iip rifai said...

redhat awal-awal, setelah itu pake fedora...abis itu pindah yo hehehe...

iip rifai said...

ya...propaganda Ubuntu memang super, ngirim CD ke eniwere indeworld itu bikin banyak newbie nyang langsung nyobain linux...bagusnya linux user memang bertambah signifikan... jadi deh distro sejuta umat hehehe....kalo saya gak suka karena sentiment aja hihihi....soale ya itu tadi...Debian-nya jadi sa-uprit ummatnya hehehe....

iip rifai said...

masih banyak nih yg lom disebutin....yah..seadanya dolo...

iip rifai said...

eniwey...linux sih sebenere apapun distronya tetep sama bae...hehehe hidup linux lah pokoke...

Agus Kurniawan said...

buset,..
manteb om reviewnya,..
lha ini kompppi-ku tak install debi malah ngambek,.. wedew,...

t4mp4h mbois said...

wehh aku kira posting anyar, jebul ada yang reply...

*** reply dari Gutsy Gibbon

iip rifai said...

Sekarang lagi nyobain distro sejuta umat nih...Ubuntu

t4mp4h mbois said...

murni apa turunannya lagi ?

iip rifai said...

murni ...murni ......pake 8.04 nih, kemajuannya pesat. mantep lah...

t4mp4h mbois said...

syama... laptop saya juga pake gituan. Pasangin Compiz Fusion


gak kalah dah sama OSX

iip rifai said...

keren ya.....mangtapppp......dah...

Agus Kurniawan said...

lha pas search google, nemu, yo tak reply tho,.. hehe
up up

iip rifai said...

:)

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...