.

Thursday, June 3, 2010

Tehnik menggunakan/memilih password untuk berinternet (tips aman berinternet)

Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian pengguna internet yang kebobolan password, ada yang kebobolan password facebooknya, password YM-nya dll. Salah satu penyebabnya adalah karena lupa untuk logout ketika menggunakan public komputer, seperti warnet, PC di kantor dll.

salah satu cara aman berinternet adalah dengan menggunakan password berbeda untuk account yang berbeda, masalahnya adalah kita jadi suka lupa password, nah untuk mengantisipasi "lupa-lupa ingat" ini, salah satu caranya adalah dengan memilih satu password permanen lalu mengkombinasikan dengan hal-hal yang berhubungan dengan account tersebut.

Untuk pemilihan password permanen, usahakan perpaduan antara angka dan huruf, karena standar password di beberapa website mengharuskan kombinasi angka dan huruf dan beberapa lagi bahkan meminta perpaduan huruf besar dan huruf kecil dan angka, misalnya saya memilih password permanen saya iip2010, untuk menambah tingkat kesulitan ditebak orang, maka saya ganti jadi 20iip10, nah password permanen saya sudah saya dapatkan yaitu 20iiP10 (hurup P saya besarkan). Password yang saya pilih tadi akan saya gunakan sebagai dasar password untuk semua website di internet yaitu 20iiP10.

Nah sekarang cara menggunakannya pada setiap website adalah dengan menambahkan hal-hal yang berhubungan dengan website tersebut, misalnya password untuk website multiply.com, misalnya saya akan mengambil 2 digit ke 2 yaitu ul dan 2 digit dari 3 digit yg terakhir dari alamat websitenya yaitu pl. Nah terserah anda bagaimana cara menyelipkan 2 huruf baru ini pada password permanen anda, misalnya saya mau tambahkan diantara 2 angka, jadilah 2+ul+iiP+1+pl+0, jadilah password untuk multiply.com anda adalah 2uliiP1pl0, nah saya pikir kesulitannya lumayan tinggi, jadi ketika diterapkan untuk yahoo.com, maka password saya menjadi 2ahiiP1ho0.

Demikians sedikit penjelasan tentang bagaimana membuat password untuk berinternet, yang dijelaskan disini hanya contoh saja, untuk meningkatkan kesulitannya masih bisa dilakukan apa saja, misalnya ul diganti jadi angka yaitu 21+12 => 2112 atau apapun caranya sehingga tingkat kesulitannya makin tinggi, dan sulit ditebak bahkan oleh orang paling dekat sekalipun, yang penting anda harus ingat rumus membuat passwordnya untuk diri anda sendiri, sehingga nanti walau sudah jadi nenek atau kakek peot <IipSmiley> anda masih tetap ingat dengan passwordnya dan tidak perlu ditulis-tulis <IipSmiley>.

Selain itu ada juga single site password seperti openid.net tapi masalahnya tidak semua website support single authentication dengan openid. Jadi rumus untuk password anda tetap harus dibuat termasuk untuk passwordnya openid.net juga <IipSmiley>.


JANGAN LUPA UNTUK SELALU LOGOUT KETIKA ANDA MENGGUNAKAN KOMPUTER UMUM (WARNET DLL) DAN JANGAN PERNAH SAVE PASSWORD ANDA.
ok...saatnya kembali ke rutinitas... <IipSmiley>

*mohon dikoreksi kalau ada yg salah*

*ngomong-ngomong, saya juga mau ganti rumus ahhhh....<IipSmiley>*

2 comments:

andridarmawan said...

cerdas memang kang mas yang satu ini :)

andridarmawan said...
This comment has been removed by the author.

Setting DeepCool AK400 Digital CPU fan di Manjaro Linux

  Baru rakit PC dan pakai AK400 Digital untuk CPU fannya, setelah install linux ternyata tulisan digitalnya gak tampil, cari-cari di interne...