.

Tuesday, November 30, 2010

Performance test, Asus K42f, Toshiba Satellite Pro L640 dan Lenovo G460

Beberapa hari lalu di minta beli 3 laptop oleh kantor untuk proses preprinted dan run data process yang bersifat mobile, karena memang untuk dipakai ketika ada training-training di luar kantor.

Laptop yang dibeli yang kelas rendah, yaitu sekitar 4,5jt-5jt. Saya sengaja beli 3 merek yang berbeda agar bisa sekalian test mana laptop yang bagus untuk dibeli kedepan. Pilihan jatuh ke Asus K42F, Toshiba Satellite Pro L640 dan Lenovo G460).

Testnya hanya simple saja, yaitu semua laptop menyalakan musik MP3 dan running program dos yang sangat simple sebanyak 10 box (looping dir /s). Biasanya dos prompt yang jalan saya buka sampai 30 box, tapi sekarang sedikit saja dulu, yang penting laptop melakukan proses. Program dos cuma batch file yang isinya:

:go
dir /s
goto go

Semua Laptop menggunakan OS Windows XP dari sononya (installan dari toko), untuk Asus dan Lenovo desktopnya menggunakan themes tertentu, sehingga lebih berat ketimbang Toshiba yang hanya menggunakan Classic themes. Dan playernya pun Toshiba hanya menggunakan Windows Media Player, sedangkan Lenovo dan ASUS menggunakan WinAmp.

Saya kelupaan memasang mode repeat untuk playernya Lenovo dan Asus. Jadi waktu pagi hari saya cek, player keduanya sudah mati. Musicnya hanya music Jazz sebanyak 20 lagu, jadi kemungkinan player mati setelah 2 jam.

Pagi hari saya cek kembali untuk laptop ASUS sampai pagi performance hampir tidak berubah, permukaan laptop masih tetap dingin dan player dalam kondisi mati.

Toshiba sempat tersendat ketika program-program mulai dijalankan ada penurunan speed untuk aplikasi yang berjalan di background ketika saya mencoba membuka menu, padahal baru 15 menit saya nyalakan. Tapi waktu pagi hari performancenya lumayan tidak ada perubahan walau Mp3 masih menyala.

Untuk Lenovo ketika dibuka menu "start" pagi harinya laptop langsung hang, beberapa box dos bisa di tutup seperti biasa, tetap desktop tetap hang jadi laptop harus dimatikan paksa.

Dari ketiganya laptop paling dingin adalah ASUS, seluruh permukaan keyboard paling dingin dibanding kedua laptop yang lain. Toshiba agak hangat di sebelah kiri, dan yg paling panas Lenovo, hampir seluruh permukaan keyboard panas.

Kesimpulan sementara laptop yang performancenya paling bagus adalah ASUS, disusul Toshiba dan yang terakhir adalah Lenovo. Test ini hanya test-test-an yang tidak resmi, sebatas personal test dan mungkin kurang detail, jadi tidak bisa dijadikan acuan...jadi laptop yang bagus menurut anda mungkin akan berbeda.

">

-iip-

*Untuk spesifikasi dan gambar laptop bisa google sendiri ya ">*

*Laptop saya juga ASUS K40ij yang sepertinya sudah tidak di produksi lagi, dan performancenya lumayan bagus dan laptop juga tidak terlalu panas walau digunakan untuk waktu yang lama.*

No comments:

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...