.

Friday, December 10, 2010

Pemrograman Harbour/xHarbour dengan MiniGUI sebagai tampilan.

بسْم الله الرّحمٰن الرّحيْم
السّلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Seperti janji kemarin, hari ini saya mau mulai sharing bahasa pemrograman yang bahasanya rada-rada manusiawi, yaitu Harbour atau xHarbour. Sepertinya saya tidak akan membahas sampai detail, ibaratnya ngenalkan sebuah rumah yang mau ditempati, saya cuma mau kasih kunci, buka pintu lalu sekedar mengantar keliling, setelahnya kalau ada apa-apa tinggal tanya saja ">.

Harbour sebenarnya adalah kelanjutan dari bahasa pemrogaman Clipper yang pernah trend jaman komputer kebanyakan masih pake RAM maksimal 4-16MB, jaman itu pake hardisk 512MB aja udah serasa punya tempat data yang gede banget hehe..senang ">, komputer yang saya pakai dulu RAM-nya cuma 2MB, layar monitor masih CGA, disket juga masih pake yang selembaran itu 5 1/4 inchi ">. Orang-orang jaman sekarang menyebutnya jaman kegelapan karena memang tampilan monitor dominasinya hitam sebagai backgroundnya">, semua aplikasi harus dijalankan dari Dos Prompt, Makanya dengan kondisi gelap begitu, aplikasi favorit saya adalah Norton Commander disingkat "nc", karena dengan nc explorasi isi komputer jadi lebih mudah dan cepat. Clipper pertama kali didesign untuk DOS dan sampai sekarang masih dengan design yang sama, hanya saja untuk Harbour sudah bisa dipakai untuk membuat aplikasi dengan tampilan text tidak cuma di DOS/Windows, tapi bisa juga di Linux/Unix dan MacOS.

Harbour masih sama seperti Clipper, yaitu fungsinya sebagai compiler, setelah program yang dbuat dicompile menjadi objek-objek kemudian di link dengan linker yang kemudian berubah jadi exe yang bisa langsung di jalankan, Saat ini Harbour dapat di link dengan banyak linker, misalnya Borland C++, Borland Turbo C, Microsoft Visual C, MinGW dan Pelles C.

Karena Harbour di link dengan linker C, maka kecepatannya sudah termasuk lumayan dan besar exe juga sekitar 0,5-1,5MB, 500kb biasanya aplikasi dos/terminal yang gak perlu GUI (Graphical User Interface), kalau pakai GUI sekitar 900kb sampai 2MB.

Yang paling penting dari semuanya adalah gretongan dan open source, jadi compiler ini bakal dikembangkan terus, sekarang saja third party library buat harbour/xharbour sudah lumayan banyak. Jadi jangan khawatir bakal mandek ">.

Hmm..udah ahh kebanyakan cing cng nih kalau rekan-rekan kepingin tau tentang Clipper sejarah dan perkembangannya bisa dilihat disini http://en.wikipedia.org/wiki/Clipper_(programming_language) biar sayanya gak kebanyakan cingcay ">.

Dan kalau kepingin tahu lebih lanjut tentang Harbour bisa dilihat disini http://www.harbour-project.org/.

Oh ya selain Harbour, ada juga xHarbour, bedanya adalah Harbour dan xHarbour bisa di lihat disini http://www.tek-tips.com/viewthread.cfm?qid=621317&page=20 , tapi dalam perjalanannya harbour juga ternyata agresif juga jadi sama-sama keren lah ">, lagipula gak usah terlalu khawatir, karena rekan-rekan nanti bisa gonta-ganti compilernya antara Harbour atau xHarbour, bahasanya bedanya cuma dikit, jadi modif gak terlalu pusing.

Mulai aja yukkk biar cepet ">.

Seperti judulnya, saya mau ngenalkan Harbour dan Minigui dulu buat starter. Yang diperlukan untuk programming ini adalah compiler, linker dan MiniGui library sebagai GUI.

1. Compiler, untuk compilernya, MiniGUI sudah memasukan Harbour kedalam paket jadi ketika download MiniGUI sudah include Harbour juga, Harbournya dipasang dibawah direktory "Minigui\Harbour", tinggal install aja, gak usah diubah setingannya. FIle instalasi ini sekitar 14MB. Download filenya disini http://www.hmgextended.com/files/CONTRIB/hmg-1.9-90-setup.zip. Kalau mau liat-liat MiniGUI bisa liat di root wesitenya di http://www.hmgextended.com/.

2. Linker, untuk linkernya MiniGUI hanya support Borland C++ 5.5, bisa didownload di sini http://xharbour.multiply.com/journal/item/1 (ada di attachmentnya). Besar file sekitar 9MB.


Untuk yang pake linux, bisa juga pakai Wine versi terakhir untuk compilenya.


Kalau keduanya sudah diinstall, seperti kebanyakan awal bahasa pemrograman, perkenalan yang paling terkenal adalah menampilkan "Hello World"...so lets go!

1. Buat direktory kerja anda untuk programming MiniGUI, misalnya di d:\belajar-MiniGUI.
2. Buat file compile.bat isinya :

call c:\minigui\batch\compile.bat %1 %2 %3 %4 %5 %6 %7 %8 %9

3. Buat program hallo-dunia.prg, isinya:

#include "minigui.ch"

Function Main()
msgbox("HALO DUNIA")
return


Kalau kedua file (compile.bat dan hallo-dunia.prg) sudah jadi, program sudah bisa kita compile:

Jalankan dari dosprompt**:

compile hallo-dunia


Kalau muncul message box bertuliskan "HALO DUNIA", berarti program anda sudah berjalan dengan baik.

**Kalau gak mau repot, bisa install freecommander, mirip NC dan TotalCommander, biar jalankan perintah dos atau menjalankan dosprompt jadi mudah.


Ok, segitu dulu, besok-besok kita belajar bikin window dan menu. Ini baru ngasih kunci dan buka pintu, besok kita tengokin kamar-kamarnya ">">">

NB: seperti biasa, kalau bingung reply aja di komen bawah ">

No comments:

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...