.

Thursday, September 4, 2014

Menemukan kembali HP Android yang hilang

Tanggal 11 Maret lalu saya kehilangan HP Android saya yang masih seumur jagung, bukan HP mahal sih, cuma HP China yang di rebranded dengan merek lokal TREQ X1, walau begitu HP ini cukup keren, spesifikasinya bisa dilihat di website dimana saya beli HPnya :

http://tabletjogja.com/harga/jual-treq-x1-smarrtphone-slim-quadcore-ram-1gb-13mp-camera/#axzz2xoIMnONF

Berikut kronologi dari HP hilang sampai HPnya ketemu lagi:
  • Tanggal 11 Maret, Malam itu saya sudah reservasi untuk pijat refleksi di Djemari Baciro, nah biar gak ribet dari rumah saya sudah pakai celana pendek sedengkul.Menuju ke lokasi pinjem motor matic-nya bini.
  • Pulang dari pijet sekitar jam 21.30, saya sekalian jemput sepupu saya di Gedong Kuning, sempet muter-muter dulu karena lokasi penjemputan masih belum jelas, masalah yang bikin tambah susah adalah baterai HP habis tepat setelah panggilan terakhir ke sepupu, tapi akhirnya ketemu setelah ketemu toko oleh-oleh yang dimaksud. HP lowbatt karena waktu pijat saya sambi browsing-browsing.
  • Dari Gedongkuning, saya berboncengan dengan sepupu balik ke rumah di Potorono, tapi sampai perempatan ringroad Kotagede tidak jadi belok ke timur, tapi lurus ke arah terminal Giwangan, karena mau menunjukan lokasi alternatif untuk menunggu bis kalau mau pergi-pergi keluar nanti.
  • Ketika lampu lalu lintas di perempatan ini mulai menunjukan warna hijau, saya langsung jalan lurus, tapi belum juga melewati lampu lalulintas seberangnya (masih dalam hitungan detik) ada motor yang memepet saya sambil teriak "mas...HPne tibo!", saya langsung berhenti dan langsung cari-cari HP saya di kantong yang ternyata sudah kempes, yang artinya HPnya memang jatuh di suatu tempat.
  • Saya langsung cari-cari sekitar jalur saya, tapi HPnya gak ketemu, pencarian diteruskan hampir ke seluruh jalur sampai ke Gedongkuning, tetap gak ketemu juga, akhirnya setelah 1,5 jam lebih muter-muter saya menyerah, sampai saat ini saya masih belum tau apakah HPnya diambil orang atau masih jatuh.
  • Akhirnya saya pasrah saja, HP saya anggap sudah hilang, tapi saya masih berharap ketemu, untuk itu saya tidak mengganti password semua akun saya, karena harapan saya si penemu HP akan menyalakan HP dan memberikan tanda tertentu ke akun saya.
  • Seminggu berlalu, masih belum ada tanda-tanda dari HP yang hilang, bahkan google location masih tetap menunjukan lokasi terakhir adalah di Gedongkuning, karena HP lowbat ketika saya menjemput sepupu. Saya berpikiran mungkin HPnya sudah di wipe ulang sama yang nemu, apalagi HP saya masih belum dipasangin anti theft buat minimal antisipasi kalau HP hilang, karena masih baru...hiks.
  • Tanggal 21 Maret gak sengaja saya melihat-lihat akun G+ saya, ternyata ada beberapa photo baru yang diupload tanggal 13 Maret, dan sepertinya berasal dari HP saya, ada photo perempuan gendong anak kecil dan sedang belanja di supermarket (sepertinya istri yang menemukan HP).
  • Saya masih menunggu barangkali yang pegang HP akan upload photo lebih banyak lagi, saat ini saya masih belum tahu lokasi penemu.
  • Hari minggu pagi tanggal 23 Maret, saya cek lagi akun G+, ternyata ada banyak photo baru, total photo yang di upload jadi sekitar 187 photo, nah disini saya lihat photo-photo yang menunjukan lokasi tertentu, ada photo si penemu sedang photo bareng klub motornya, saya dapat nama klubnya. Sepertinya photo-photo otomatis terupload karena di wilayah tersebut ada wifi gratisnya, karena saya pernah beberapa kali ke lokasi tersebut, lokasi photo ini sekitar 60km dari tempat tinggal saya di Yogyakarta.
  • Selanjutnya saya mencoba mengembangkan informasi yang saya dapat dari photo-photo ini, saya cari nama klubnya ini di facebook dan alhamdulillah dapat, kemudian saya cari member dengan wajah yang mirip atau sama dengan di photo...alhamdulillah dapat juga, nah saya lihat alamatnya...saya dapat hanya sampai nama desa saja.
  • Besoknya saya langsung mengurus surat hilang ke polisi, saya ke polsek terdekat.
  • Saya masuk kantor polisi dan menerangkan maksud saya untuk membuat surat kehilangan, saya menjelaskan kronologisnya dari awal. Lucunya disini pak polisinya mengatakan kalau barang sudah ditemukan orang lain ya jadi milik orang tersebut...saya berdebat dulu disini agak lama...lucu juga sih, polisi gak tahu kasus umum seperti ini, kalau barang yang hilang ada nama dan identitas pada barang tersebut dianggap milik yang nemu ya...buat apa pula bikin identitas ...jangan-jangan nanti saya nemu bini orang bisa saya anggap punya saya juga...hahaha...gelo!
  • Hukum barang temuan bisa di baca disini http://bahankuliyah.blogspot.com/2013/04/hukum-barang-temuan.html dan http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt50bef4b74831f/konsekuensi-hukum-mengambil-barang-temuan-di-jalan
  • Setelah berdebat lama...akhirnya saya tegaskan saja ...."sudah pak buatkan saja suratnya, urusan nanti itu urusan saya!"....tring!...suratnya keluar juga...reseh bener nih pelokis, apa pengen minta dokat ya? (waktu bikin surat ini saya gak keluar duit sepeserpun).
  • Setelah mengantongi surat hilang, saya pulang dulu kerumah, bawa apa saja yang perlu dibawa, karena perjalanan lumayan jauh, saya putuskan naik motor saja, karena kalau naik mobil tidak fleksible masuk-masuk gangnya. Saya pergi berdua dengan sepupu saya.
  • wuzzzzz.....sampai juga ke desa yang dimaksud, saya sempat berhenti istirahat di minimarket untuk beli minum, karena cuaca cukup terik, bikin haus.
  • Sampai desa, saya langsung cari ketua RW salah satu tempat. Saya dapat alamat ketua RW5, saya langsung sambangi, waktu itu pak RWnya lagi tidur, dibangunkan istrinya karena kedatangan kami, saya sampaikan maksud kedatangan saya untuk menanyakan orang yang dimaksud, pak RW ternyata tidak kenal orang yang ada di photo, saya tidak tahu namanya karena nama yang di facebook pakai nama alay dan saya kira itu bukan namanya, jadi gak saya pakai namanya.
  • Karena pak RW tidak tahu, saya minta informasi RW yang ada di desa tersebut...ternyata ada 10 RW....hadehhhhh....hampir nyerah juga, tapi saya ingat kalau nama desa si penemu waktu saya cek di facebook mengarah ke dua tempat, yang satu ke negara Tibet, yang satu lagi ke klub sepak bola yang ada embel-embel RW04-nya, alamat ini saya dapatkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan si penemu, tapi saya coba hubung-hubungkan karena si penemu ini bertato, mungkin dia tinggal bareng kelompok yang sama.
  • Akhirnya saya minta pak RW5 untuk mengantar ke RW4 yang saya juga masih gambling....sampai RW 4 ternyata pak RW5 juga tidak tahu rumah ketua RW4 jadi kami menanyakan ke warung terdekat....nah ketika tanya ke warung ini saya sekalian sodorkan photo si pengambil HP (saya ganti pengambil deh...soale ini orang emang udah niat ngambil kok), alhamdulillah ....ternyata si ibu-ibu warung kenal orangnya....sambil ngomong berbisik (kayaknya si ibu warung agak takut sama si pengambil).."saya tahu mas....itu..rumahnya masuk gang yang itu" ..katanya berbisik....saya senang banget.
  • Saya gak jadi ke rumah pak RW4, saya langsung minta ketemu pak RT yang dekat rumah si pengambil, pak RW5 mengantarkan saya ke depan gang, lalu minta ijin untuk kembali pulang ke rumahnya (wah....pak RW5 juga agak takut rupanya)....ya sudah saya tanya di gang itu ketua RT gang tersebut, setelah dapat langsung ke rumahnya, sampai depan rumahnya pak RT, ternyata saya melihat motor yang ada di photo upload saya ada di sebelahnya..."wah rumahnya ada di sebelah rumah pak RT!" ....saya senang karena sudah dapet rumahnya, tapi waktu ke pak RT, pak RTnya sedang dinas berjualan mie ayam di perempatan agak jauh dari rumah, jadi saya harus jemput dulu.
  • Saya tetap harus ketemu pak RT untuk antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pak RT saya jemput dan mau mengantar setelah menitipkan lapak mie ayamnya ke orang yang ada disitu. Sepupu saya tinggal juga disitu, saya jemput balik setelah pak RT.
  • Saya langsung ke rumah si pengambil HP dengan pak RT, "dok..dok..dok.." saya ketuk pintu pagarnya, dan yang keluar ternyata orang yang ngambil HP, dia terlihat agak kaget dan gugup, saya gak basa-basi lagi..."mas...saya mau ambil HP saya"...."oh iya mas...ada...ada didalam" katanya, saya masuk kedalam, si pengambil HP langsung mengambil HP dan memperlihatkan ke saya, dia langsung membuka penutup HP dan mengambil simcardnya milik dia yang ada di HP, saya tanya "simcard yang punya saya kemana mas?"...."wah simcard mas-nya sudah hilang" (dalem hati saya..."asem nih orang...emang niat ngambil barang milik orang laen").
  • Pak RT, sepertinya juga tidak mau berlama-lama, beliau langsung pamit, karena memang sedang meninggalkan lapak mie ayamnya, sepupu saya yang mengantarkan kembali ke lapaknya, saya dipersilahkan duduk sama si pengambil di ruang depan, si pengambil menerangkan bahwa dia sebenarnya ingin mengembalikan tapi tidak tahu caranya ..."sebenarnya saya mau mengembalikan mas, tapi saya gak tau caranya"....saya diam saja...cuma menggerutu saja dalam hati.... "tidak tahu caranya endasmu! lha wong simcardku nemplok semua di HP kok"....kalau niat balikin ya tinggal nyalakan HPnya, lalu tunggu ditelpon pemiliknya saja, emang nih orang gak beres kok.
  • Gak lama, orang tuanya juga datang, ibunya berjilbab, lalu bicara juga ke saya ...."iya itu mas, anak saya mau balikin HPnya, tapi tidak tahu caranya"....uhuyyy, kompak bener bu....saya cengar-cengir saja, mencoba untuk tetap ramah.
  • Saya agak males berlama-lama, saya keluarkan saya uang 50rban (karena dari rumah memang udah niat mau saya kasih uang ganti 50rb)...."ini mas uang terima kasih saya...saya mau langsungan saja"...setelah itu saya dan sepupu langsung pulang ke Jogja....
Cukup senang, karena si merah (HP saya warnanya merah) sudah ditangan...alhamdulillah, demikian sedikit cerita ini, semoga ada hikmah yang bisa dipetik (jangan ngambil barang orang lain, jangan boong, jadi pulisi dan jabatan lain mesti tahu tugas-tugasnya, jangan putus asa...dan hikmah lainnya).

Salam,







No comments:

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...