.

Wednesday, February 24, 2010

Menyiasati Spam di Gmail

Sekedar informasi tentang penanganan email SPAM, yang jadi dilema karena disatu sisi menguntungkan, tapi disisi yang lain juga agak membuat bingung karena email-email yang seharusnya tidak masuk spam, malah masuk ke direktori spam.

Di internet saat ini banyak sekali email-email spam yang mengganggu aktifitas kerja kita dan Gmail sudah memfasilitasi untuk mengurangi repotnya mengurusi email spam dengan built-in spam filter, tapi masalahnya ada email-email penting dari kolega yang juga masuk ke direktori spam sehingga tidak masuk ke download email kita, yang akhirnya jadi masalah di kemudian hari.

Adapun cara agar email-email dari kolega kita tidak masuk kedalam spam adalah dengan mendaftarkan email kolega kita tersebut ke dalam addressbook yang ada di Gmail dan bukan di software email client kita seperti Thunderbird, Outlook-Express, dan lain-lain.

Jadi cara pertama untuk menghindari Gmail melakukan kesalahan menandai email kolega menjadi spam adalah dengan mendaftarkannya ke address book yang ada di websitenya Gmail (http://www.gmail.com) apalagi jika emailnya memang sedang kita tunggu.

Cara kedua adalah dengan memasukan domain email kolega kedalam filter yang ada di Gmail, contohnya seperti pada gambar berikut ini, yaitu contoh untuk meng-exclude dari spam semua email yang berasal dari domain tertentu misalnya @kupret.com, pada page ke dua pilihan "Never send it to Spam" nya di centang.






Demikian sedikit informasi tentang penanganan spam di gmail, semoga bermanfaat.

Salam,

No comments:

Showing screenfetch and install date on Manjaro

Here is the code: screenfetch head -n1 /var/log/pacman.log |awk -F '[' '{printf " \033[1...