.

Tuesday, December 20, 2016

Konversi speed menggunakan ffmpeg dari mp4 ke mkv

Saya pengguna action cam Xioami Yi, saya gunakan untuk merekam aktifitas saya, untuk aktifitas yang panjang saya menggunakan mode video timelapse agar bisa merekam lebih lama tanpa harus takut kehabisan storage di sdcard, hanya saja dengan mode ini kualitas jadi tidak sebaik mode normal, karena rekaman hanya di lakukan per 0.5 detik.

Nah dengan frame 0.5 fps itu kalau di jalankan normal hasil video jadi terlalu cepat, saya sudah coba upload ke Youtube dan pakai mode slow motionnya editor youtube, hasilnya tidak sesuai harapan, karena ada shadow motion pada hasil rendernya.

Hasil konversi yang sesuai harapan adalah dengan FFMPEG, saya jalankan dengan perintah berikut:

ffmpeg -i inputvideo.mp4 -filter:v "setpts=4*PTS" outputvideo.mkv

Angka 4*PTS menunjukan pelambatan sebanayk 4x

Contoh hasil video sebagai berikut:

Sebelum proses:




 Yang ini setelah proses oleh youtube (waktu tulisan ini di buat, masih proses..tunggu aja sebentar):




Dan yang ini adalah dengan proses FFMPEG:




Demikian, semoga bisa jadi referensi tambahan untuk editing video.

No comments:

Setting DeepCool AK400 Digital CPU fan di Manjaro Linux

  Baru rakit PC dan pakai AK400 Digital untuk CPU fannya, setelah install linux ternyata tulisan digitalnya gak tampil, cari-cari di interne...